Tentang Berita
Hasil Ujian PMB Rekap Pendaftar
Nilai Online Autodebet

Kembangkan Pola Pikir Siswa/I Melalui Kunjungan SMK NU Merdeka Ulujami Pemalang Ke Unikom

 
 Kembangkan Pola Pikir Siswa/I Melalui Kunjungan SMK NU  Merdeka Ulujami Pemalang Ke Unikom
Jumat, 27/04/18 | 10:31 WIB
BANDUNG, UNIKOM- Bertempat di Auditorium Miracle Unikom, Direktorat Humas dan Protokoler Unikom bersama Korps Protokoler Mahasiswa (KPM) Unikom menyambut tamu kunjungan dari SMK NU Merdeka Ulujami Pemalang yang diikuti 45 siswa/i serta 20 guru pendamping dari Jurusan Akuntansi dan Teknik Komputer Jaringan (TKJ). Kunjungan yang berlangsung pada Senin (16/4) pukul 13.30 WIB merupakan upaya pihak sekolah untuk menggali ilmu dan memperluas wawasan di bidang akademik dengan harapan pola pikir para siswa/i dapat lebih berkembang dari sebelumnya.
 
Hal tersebut disampaikan oleh M. Akhwan, M.Pd.I selaku Kepala Sekolah SMK NU Merdeka Ulujami Pemalang, bahwa saat ini sebagian besar lulusannya cenderung menetapkan pilihan untuk langsung bekerja setelah selesai menempuh pendidikan di tingkat sekolah menengah. Terlebih lingkungan sekolah yang dikelilingi banyak industri pabrik, seolah mendukung mereka untuk terjun langsung ke dunia kerja.
“Memilih untuk langsung bekerja memang bukanlah keputusan yang salah, tetapi sangat disayangkan ketika mereka mempunyai potensi dan rezeki untuk bisa melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi, mengapa tidak dimanfaatkan sehingga kelak mereka menjadi seseorang yang lebih kompeten serta mampu bersaing di era globalisasi seperti saat ini,” ujar Akhwan. Atas dasar itulah, kunjungannya kali ini ke Unikom salah satunya bertujuan untuk membuka wawasan para siswa/i serta memberikan gambaran tentang dunia pendidikan tinggi. Sehingga sekalipun mereka memilih untuk bekerja, minimal ada motivasi dalam dirinya untuk melanjutkan kuliah atau bekerja sembari kuliah.
 
Sesuai dengan harapan pihak sekolah untuk mengenal dunia pendidikan tinggi khususnya Unikom, maka dalam kesempatan tersebut Direktur Humas dan Protokoler, Dr. Desayu Eka Surya, S.Sos.,M.Si memaparkan sejarah singkat Unikom dari yang awalnya hanya berupa lembaga pendidikan komputer hingga kini berkembang menjadi universitas yang dikenal dengan segudang prestasinya.
 
“Kami mempunyai rasa optimis untuk bisa berkompetisi dengan perguruan tinggi lainnya di Jawa Barat secara khusus dan Indonesia pada umumnya, melalui keunggulan-keunggulan yang dimiliki salah satunya membekali mahasiswa dari seluruh program studi dengan mata kuliah berbasis komputer aplikasi yang diberikan sejak semester satu hingga tujuh sesuai kebutuhan bidang keilmuannya, selain itu lulusan kami tidak hanya mengantongi ijazah dan transkip nilai tetapi dilengkapi sertifikat-sertifikat penunjang seperti hardware, animasi dan multimedia, serta entrepreneurship,” jelas Desayu. Lebih lanjut beliau menuturkan, rasa optimis Unikom sejalan dengan pencapaiannya saat ini sebagai salah satu kampus yang dicanangkan oleh Asosiasi Perguruan Tinggsi Swasta Indonesia(APTISI)untuk menjadi The World Class University di tahun 2020 mendatang.
 
Selanjutnya, rangkaian penyambutan kunjungan memasuki pengarahan yang lebih khusus sesuai permintaan pihak sekolah yakni pengenalan Program Studi Akuntansi Unikom. Melalui kesempatan tersebut, Sekretaris Program Studi Akuntansi, Adi Rachmanto, S.Kom.,M.Kom mewakili Ketua Program Studi yang berhalangan hadir saat itu, memaparkan sejumlah profil, struktur organisasi, hingga kurikulum pembelajaran yang ada di dalam program studinya. Adi pun menjelaskan, pentingnya melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi karena adanya kualifikasi SDM berdasarkan KKNI.
 
“...ada sembilan peringkat kualifikasi SDM berdasarkan KKNI dimana masing-masing peringkat menggambarkan tingkat lulusan SDM dan cakupan pekerjaannya, untuk lulusan sekolah menengah biasanya ada di peringkat ketiga sedangkan lulusan perguruan tinggi bisa mencapai peringkat kelima, semakin tinggi peringkat yang kita capai maka menggambarkan semakin tinggi pendidikan yang telah kita tempuh dan hal itu nantinya menentukan posisi pekerjaan kita,” tutur Adi.
 
Usai pengarahan, agenda dilanjutkan pada sesi diskusi dan tanya jawab dimana para peserta merasa tertarik atas pemaparan yang disampaikan mengenai Unikom secara umum dan Program Studi Akuntansi secara khusus. Tidak sedikit dari siswa/i menggali informasi tentang sistem pendaftaran mahasiswa baru di Unikom dan berbagai jenis beasiswa yang bisa dimanfaatkan oleh mereka ketika menjadi mahasiswa Unikom.
 
Guna melengkapi penyambutan kunjungan tersebut, para peserta disuguhi tayangan video sekilas tentang Unikom sebelum mereka melakukan tour campus ke Perpustakaan serta Studio Unikom TV dan Unikom Radio di Smart Building Unikom. Melalui kunjungan ini diharapkan para peserta mendapatkan informasi yang bermanfaat serta menumbuhkan motivasi dalam diri mereka untuk berkeinginan menempuh pendidikan setinggi-tingginya. (Direktorat Hms & Pro