Tentang Berita
Hasil Ujian PMB Rekap Pendaftar
Nilai Online Autodebet

Perpustakaan Unikom: Bangun Sinergitas Humas Perpustakaan Di Lingkungan Perguruan Tinggi

 
Perpustakaan Unikom: Bangun Sinergitas Humas Perpustakaan  Di Lingkungan Perguruan Tinggi
Jumat, 27/04/18 | 10:26 WIB
BANDUNG, UNIKOM- Menunjukan eksistensi dan fungsi nyata keberadaan perpustakaan dalam tataran internal maupun eksternal sebuah organisasi, dilakukan oleh Perpustakaan Unikom dengan menggandeng salah satu perpustakaan perguruan tinggi swasta di Kota Bandung, yakni Universitas Islam Bandung (Unisba). Melalui pertemuan yang digelar di Perpustakaan Unisba, Selasa (19/4), Ubudiyah Setiawati, S.Sos selaku Kepala Perpustakaan Unikom mengungkapkan bahwa kedatangannya saat itu merupakan bagian dari brainstorming guna menjajaki kemungkinan kerja sama yang bisa terjalin dalam membangun Humas Perpustakaan di masing-masing perguruan tinggi.
 
Menurut Ubudiyah, Humas Perpustakaan menjadi salah satu bagian penting sebagai pintu komunikasi antar publik internal dan eksternal mengenai keberadaan perpustakaan, dimana selama ini pekerjaan tersebut lebih banyak diambil alih oleh Kepala Perpustakaan. “…perlu saatnya perpustakaan memiliki humas khusus, sehingga jika ada kegiatan atau hal-hal lainnya yang berkaitan dengan perpustakaan dan perlu diketahui oleh civitas akademika dapat tersampaikan dan disisi lain perpustakaan pun menerima umpan balik guna membangun sinergitas dengan perguruan tinggi sebagai lembaga induknya,” ujar Ubudiyah.
 
Tidak hanya sekedar bicara, anggapan penting tersebut telah dibuktikan Perpustakaan Unikom yang saat ini memiliki humas khusus perpustakaan, Novi Syania Awalliah, S.Pd, sejak Maret 2017. Menurut Novi penjajakan kerjasama kali ini merupakan langkah awal untuk meningkatkan hubungan baik antar kedua perpustakaan. “…kedepannya kami berencana untuk mengadakan kegiatan semacam workshop yang dimaksudkan bukan hanya untuk perpustakaan yang sudah memiliki Humas Perpustakaan, tetapi lebih kepada membangun perpustakaan perguruan tinggi lainnya agar memiliki humas khusus di perpustakaan,” ujar Novi.  
 
Melalui pertemuan yang dihadiri Kepala UPT Perpustakaan Unisba, Arief D. Tresnawan, Drs., M.M.Pd., Kasi Pengadaan Perpustakaan Unisba, Asep Sugriatna, S.Sos., dan Kasi Pelayanan Perpustakaan Unisba, Desi N. Dalimunthe, AMD., diharapkan kedepannya keberadaan perpustakaan semakin menunjukan kiprah dan kontribusi positifnya bagi civitas akademika terkait secara khusus dan masyarakat pada umumnya, sehingga tercipta sinergitas antara perpustakaan di lingkungan perguruan tinggi.  (Direktorat Hms & Pro)