Tentang Berita
Hasil Ujian PMB Rekap Pendaftar
Nilai Online Autodebet

STUDI BANDING INSTITUT STIAMI JAKARTA KE UNIKOM

 
STUDI BANDING INSTITUT STIAMI JAKARTA KE UNIKOM
Minggu, 22/04/18 | 20:04 WIB
BANDUNG, UNIKOM-Bertempat di Ruang L.030 Smart Building Unikom, Wakil Rektor Bidang Akademik Unikom, Direktur Humas dan Protokoler Unikom, dan Kepala Bagian Administrasi Umum Unikom, menyambut baik studi banding yang dilakukan Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI ke Unikom, pada Selasa (10/4) pukul 13.00 WIB. Studi banding yang diikuti ± 20 peserta yakni perwakilan pimpinan Institut STIAMI Jakarta dan beberapa Kepala Kampus Cabang STIAMI di wilayah Depok, Tangerang, dan Bekasi, merupakan upaya STIAMI untuk sharing berkenaan dengan proses belajar mengajar, penerimaan mahasiswa baru, dan sistem pelayanan terhadap mahasiswa di Unikom.
 
Mengawali kegiatan tersebut, Dr. Desayu Eka Surya, S.Sos., M.Si, selaku Direktur Humas dan Protokoler Unikom, memperkenalkan sejarah singkat berdirinya Unikom yang baru akan genap berusia delapan belas tahun pada 8 Agustus 2018 mendatang. Walaupun usianya masih terbilang muda, Unikom senantiasa optimis dan percaya diri untuk siap berkompetisi serta bersaing secara sehat dengan perguruan tinggi lainnya yang ada di Indonesia. “Visi kami selalu ingin unggul di bidang IT, karena itu kami implementasikannya melalui pemberian mata kuliah berbasis komputer aplikasi kepada seluruh mahasiswa, sejak semester satu hingga tujuh sesuai dengan kebutuhan bidang keilmuannya masing-masing,” ujar Desayu.
 
Beliau pun menambahkan, bahwa lulusan perguruan tinggi tidak cukup mengadahkan tangannya dan berharap sepenuhnya pada peluang kerja yang ditawarkan instansi atau lembaga lain. Sehingga, adanya pembekalan mata kuliah entrepreneurship bagi seluruh mahasiswa, diharapkan kelak ketika mereka lulus dari Unikom, bisa terbangun mindset menjadi seorang entrepreneur dan menggali kreativitasnya untuk menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. Tidak henti sampai disitu, Unikom terus berinovasi memberikan yang terbaik kepada mahasiswa. Salah satunya melalui mata kuliah animasi dan multimedia, sehingga mahasiswa dituntut untuk bisa mengkolaborasikan antara keilmuan yang dimiliki dengan dunia animasi yang kian berkembang pesat.
 
Pemaparan mengenai Unikom lebih lanjut disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Unikom, Prof. Dr. Hj. Umi Narimawati, Dra.,S.E.,M.Si, yang turut hadir dalam kesempatan tersebut. Beliau memaknai bahwa pertemuan kali ini merupakan ajang pembelajaran satu sama lain, terlebih setelah masuknya perguruan tinggi asing ke Indonesia maka sesama instansi pendidikan tinggi dalam negeri diharapkan bisa saling bersinergi untuk memberikan mutu dan kualitas pendidikan terbaik kepada mahasiswa, bukan lagi berbicara tentang persaingan. Bagi Umi, selain gencar mengembangkan sayap untuk menjalin kerja sama dengan luar negeri, bukan berarti mengabaikan pentingnya menjalin kerja sama dengan sesama kampus di dalam negeri. Atas dasar itulah, Unikom dan Institut STIAMI pun berencana untuk melakukan penandatanganan MoU dalam beberapa waktu ke depan.
 
Selain menginformasikan perihal kerja sama, Umi menjelaskan beberapa program pendidikan yang saat ini bisa dimanfaatkan mahasiswa Unikom, seperti mobility credit, double degree, dan sebagainya. Tidak hanya memfasilitasi mahasiswa secara maksimal melalui berbagai macam beasiswa, Unikom pun senantiasa memberikan dukungan penuh bagi para dosen untuk melanjutkan studi ke tingkat yang lebih tinggi.
 
Melalui pemaparan tersebut, Dr. M. Agus Cholik, S.E.,M.M selaku Wakil Rektor III Institut STIAMI mengungkapkan rasa bangganya atas kesempatan dan penyambuatn luar biasa yang telah diberikan Unikom kepada pihaknya. Agus Cholik mengharapkan, pertemuan berharga kali ini bisa menjadi sarana pembelajaran untuk bersama-sama memajukan pendidikan di Indonesia dan meningkatkan kualitas mahasiswa serta para lulusannya masing-masing. Beliau pun mengapresiasi pesatnya perkembangan Unikom, sebagai kampus yang terbilang muda tetapi sudah meraih berbagai pencapaian berharga dan tentunya membanggakan.
 
Selanjutnya, para peserta studi banding memperoleh pemaparan tentang pelayanan akademik mahasiswa dan proses penerimaan mahasiswa baru di Unikom yang disampaikan oleh Agus Riyanto, S.T.,M.T selaku Kepala Biro Administrasi Umum (BAU) Unikom. Keberadaan Student Admission dan PMB Admission Unikom pun menjadi poin utama yang disampaikan oleh Agus, mengingat kedua bagian tersebut merupakan bentuk pelayanan Unikom bagi mahasiswa aktif mauapun calon mahasiswa baru Unikom.
 
Memasuki sesi diskusi yang berlangsung komunikatif, tidak sedikit dari peserta mengajukan berbagai pertanyaan untuk menggali informasi lebih banyak mengenai Unikom yang dirasa mampu memberikan inspirasi bagi kemajuan Institut STIAMI. Usai diskusi tersebut, agenda dilanjutkan pada penyerahan cinderamata dan foto bersama di Lobby Smart Building Unikom. Guna melengkapi rangkaian studi banding Institut STIAMI ke Unikom, Direktur Humas dan Protokoler Unikom, dibantu oleh Staf Humas dan Protokoler serta Korps Protokoler Mahasiswa (KPM) Unikom memperkenalkan sarana dan prasarana kepada para peserta melalui tour campus ke beberapa lokasi di Unikom diantaranya ruangan di Unikom, diantaranya Auditorium, Rooftop, Studio Unikom TV, Studio Unikom Radio, Perpustakaan Unikom, Musholah Unikom, Masjid Unikom, dan kampus 1 Unikom serta rangkaian acara di tutup dengan pertemuan singkat bersama Rektor Unikom di ruang kerjanya. (Direktorat Hms & Pro)