Tentang Berita
Hasil Ujian PMB Rekap Pendaftar
Nilai Online Autodebet

Pacu Keberanian Berkarya Melalui Pameran ‘Majang Kawani’

 
Pacu Keberanian Berkarya Melalui Pameran ‘Majang Kawani’
Selasa, 27/02/18 | 10:01 WIB
 
BANDUNG, UNIKOM- Sebanyak 67 karya tugas akhir mahasiswa program S1 dan D3 semester gasal Prodi Desain Komunikasi Visual (DKV) Unikom terpajang apik di Lantai 6 Smart Building Unikom dalam rangka memeriahkan gelaran pameran bertajuk ‘Majang Kawani’. Pembukaan pameran yang berlangsung Senin (26/2) pukul 12.00 WIB, secara simbolis dilakukan melalui pengguntingan pita oleh Dekan Fakultas Desain Unikom, Prof. Yusuf Affendi Djalari, didampingi Ketua Prodi DKV Unikom, Deni Albar, S.Sn.,M.Ds.
 
Melalui kesempatan tersebut, Yusuf memberikan apresiasi atas terselenggaranya pameran ‘Majang Kawani’ yang telah menjadi agenda rutin Prodi DKV Unikom untuk memperkenalkan karya tugas akhir mahasiswanya kepada khalayak luas, khususnya Civitas Akademika Unikom. Guna memacu semangat dalam berkarya, Yusuf pun menantang agar para mahasiswa lebih berani untuk menunjukkan karyanya dan mengeksplor ide agar semakin berkembang. “…saya apresiasi karena dalam seni itu tidak ada yang jelek, tetapi eksplor ide untuk lebih berkembang, strategic, dan berani mencoba adalah hal penting yang harus dimiliki mahasiswa, tunjukkan keberanian dalam berkarya,” ujarnya.
 
Hal senada diungkapkan oleh M. Syahril Iskandar, S.Sn.,M.Ds selaku Ketua Pelaksana bahwa dalam dunia desain, keberanian adalah hal utama yang dibutuhkan oleh para pelaku seni. “…keberanian telebih dulu dan selebihnya kualitas akan mengimbangi, karena jika dilihat dari sisi keberanian skala bintang satu sampai lima, bahwa karya mahasiswa yang ada pada pameran kali ini sudah berada di peringkat bintang empat,” jelasnya.
 
‘Majang Kawani’ yang menurut rencananya berlangsung sejak 26 Februari-2 Maret 2018, tidak hanya diisi dengan kegiatan pameran, tetapi akan ada agenda talkshow dan kuliah umum khususnya bagi mahasiswa DKV dengan pemateri beberapa Dosen Prodi DKV Unikom, berkaitan dengan tema yang diusung kali ini yaitu ‘digital desain’, antara lain: 1) Sinematografi; 2) Infografis; 3) Fotografi Iklan; 4) UI/UX Desain; 5) Ilustrasi; 6) Font Desain; 7) Kampanye Komersial; dan 8) Sejarah Desain. Syahrul menambahkan, tema digital desain merupakan upaya Prodi DKV Unikom merespon perkembangan dunia digital khususnya yang berkaitan dengan DKV. Sehingga melalui kegiatan ini diharapkan para mahasiswa tidak hanya terpacu keberaniannya dalam berkarya, tetapi dapat mengembangkan idenya untuk menciptakan karya luar biasa seiring dengan perkembangan zaman dan mampu menginspirasi serta memotivasi khalayak luas. (Direktorat Hms & Pro)