Tentang Berita
Hasil Ujian PMB Rekap Pendaftar
Nilai Online Autodebet

Kolaborasi Alumni Dan Prodi Sastra Jepang Unikom Wujudkan Pengabdian Pada Masyarakat

 
Kolaborasi Alumni Dan Prodi Sastra Jepang Unikom Wujudkan Pengabdian Pada Masyarakat
Jumat, 02/02/18 | 20:15 WIB
BANDUNG, UNIKOM- Sebanyak 20 perwakilan guru Bahasa Jepang tingkat SMA/SMK MGMP Se-Jawa Barat memadati Ruang 11.031 Lantai 11 Smart Building Unikom untuk mengikuti kegiatan Pengabdian pada Masyarakat (P2M) bertemakan “Pengenalan Media Game untuk Pembelajaran Kosa Kata dan Kanji bagi Guru SMA/SMK Bahasa Jepang Se-Jawa Barat”. Kegiatan yang digelar Sabtu (27/1) merupakan agenda rutin Prodi Sastra Jepang Unikom guna memenuhi salah satu aspek Tridharma Perguruan Tinggi, yakni pengabdian masyarakat.
Menurut Fenny Febrianty, S.S., M.Pd selaku Ketua Program Studi Sastra Jepang Unikom, bahwa selain mengajar dan melakukan penelitian, kalangan akademisi juga diharapkan bisa mewujudkan sebuah pengabdian kepada masyarakat dengan mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki. Walaupun secara garis besar pelaksanaannya tidak jauh berbeda dengan sebelumnya, tetapi Prodi Sastra Jepang Unikom selalu berupaya melakukan improvisasi materi yang disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan zaman.
 
“Kegiatan ini secara garis besar setiap tahunnya sama, beberapa tahun ke balakang kegiatan P2M dikemas dalam bentuk pelatihan yang berkaitan dengan budaya Jepang seperti Pelatihan Origami kepada Kumpulan Guru TK dan PAUD. Namun, seiring pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, maka dalam tiga tahun terakhir kami pun fokus pada tema pelatihan penggunaan dan pemanfaatan komputer untuk membantu pembelajaran atau pengajaran di bidang teknologi,” ucap Fenny.
 
Menggandeng forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Jepang Jawa Barat, pelaksanaan P2M kali ini turut dihadiri Ketua MGMP, Nevi Afadarma, S.Pd. Melalui kesempatan tersebut, Prodi Sastra Jepang Unikom memperkenalkan suatu aplikasi pembelajaran Bahasa Jepang yang merupakan karya tugas akhir mahasiswa dan telah lulus pada tahun 2017 lalu.
 
Aplikasi bernama Ezvoc yang dikenalkan kepada para peserta merupakan karya tugas akhir dari Ditansya Lubis, S.S yang turut hadir sebagai pemateri. Aplikasi tersebut merupakan media untuk pembelajaran kosa kata dan kanji Bahasa Jepang tingkat dasar. “…manfaat dan kegunaan dari aplikasi ini yaitu mempermudah seseorang untuk mempelajari bahasa Jepang seperti menghafal kosakata dan kanji, pastinya pembelajaran melalui aplikasi akan lebih menantang dan menarik bagi siswa/I terlebih bentuk pembelajaran dalam aplikasi ini berupa permainan atau game,” ujar Ditansya. Selain Aplikasi Ezvoc,Prodi Sastra Jepang pun menyampaikan materi ‘Kanji Hunter’oleh Lutfhi Fauzi, S.S, sekaligus memberikan kedua aplikasi tersebut sebagai buah tangan dari kegiatan P2M ini.
 
Seperti diungkapkan oleh Anisa Arianingsih, M.Pd selaku Ketua Pelaksana bahwa sebagai insan akademis, implementasi kegiatan pengabdian masyarakat menjadi sebuah keharusan untuk memberikan pelayanan dan kontribusi kepada masyarakat. Sehingga adanya kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi para guru SMA/SMK MGMP Bahasa Jepang Se-Jawa Barat untuk bisa diaplikasikan dalam proses pembelajaran di lembaga pendidikannya masing-masing. (Direktorat Hms & Pro)