Tentang Berita
Hasil Ujian PMB Rekap Pendaftar
Nilai Online Autodebet

Unikom Sambut Kunjungan SMK YPI Tanjung Bintang Lampung Selatan

 
Unikom Sambut Kunjungan SMK YPI  Tanjung Bintang Lampung Selatan
Senin, 04/12/17 | 18:49 WIB

BANDUNG, UNIKOM- SMK YPI Tanjung Bintang Lampung Selatan melakukan kunjungan ke Universitas Komputer Indonesia (Unikom) dalam rangka ‘Bimbingan Teknis Literasi’ yang ditujukan bagi ± 30 siswa/I tingkat XI Jurusan Teknik Komputer Jaringan Tahun Ajaran 2017/2018. Kunjungan yang digelar pada Jumat (24/11) pukul 09.00 WIB, secara langsung disambut oleh Direktur Humas dan Protokoler Unikom, Dr. Desayu Eka Surya, S.Sos.,M.Si.

“Kami mengucapkan selamat datang di Unikom dan terimakasih atas kehadirannya serta menjadikan kami sebagai salah satu tempat yang dikunjungi di Kota Bandung. Perlu kami informasikan, Unikom di usia yang baru remaja tepat 17 tahun pada tanggal 8 Agustus 2017, yang tentunya jika dibandingkan dengan kampus swasta lainnya yang lebih senior, Unikom masih sangat muda. Namun di usia dininya, Unikom telah meraih berbagai pencapaian membanggakan, mulai dari peningkatan sarana prasarana, kurikulum pembelajaran, kualitas SDM hingga prestasi yang semakin banyak ditorehkan oleh dosen maupun mahasiswa,” papar Desayu.

Tak hanya itu, Desayu menambahkan bahwa sebagai kampus unggul di bidang teknologi, Unikom senantiasa membekali mahasiswa dengan beragam kompetensi diluar program keahliannya masing-masing. “Berbeda dengan perguruan tinggi lainnya, kami membekali mahasiswa dari seluruh program studi dengan mata kuliah berbasis komputer aplikasi yang diberikan sejak semester satu hingga semester tujuh. Sehingga, lulusan Unikom tidak hanya mempunyai ijazah dan transkip nilai, tetapi ada beberapa sertifikasi yang mendukung dan bermanfaat yaitu kompetensi hardware, software, entrepreneurship, serta animasi dan multimedia,” tambahnya.

Atas pemaparan tersebut, antusiasme para siswa termasuk guru pendamping pun semakin terlihat untuk mengetahui informasi lebih banyak mengenai Unikom, khususnya terkait teknologi dan komputer sesuai bidang keilmuannya. “Sejak anak-anak didik kami berhasil meraih gelar juara di bidang robotik tingkat pelajar, dari situlah mereka mulai tertarik dan mencintai dunia teknik serta komputer. Mengingat Unikom sebagai kampus terkenal di bidang IT, dan sudah banyak mempunyai prestasi di bidang teknologi maka kami berharap kunjungan kali ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan baru untuk membuka cakrawala berpikir para siswa. Bahkan kami sangat mengharapkan, anak-anak kami bisa menjadi peserta didik di Unikom,” ujar Waka Humas SMK YPI Tanjung Bintang Lampung Selatan.

Guna memenuhi harapan pihak sekolah, Unikom pun memfasilitasi para siswa/I untuk memperoleh lebih banyak informasi di bidang IT dengan menghadirkan, Direktur ICT dan Multimedia Unikom, Taryana Suryana, S.T.,M.Kom dan Ketua Program Studi Teknik Komputer Unikom, Dr. Wendi Zarman, M.Si. Dalam kesempatan tersebut, Taryana menjelaskan beberapa fasilitas online Unikom, Unikom mobile, alat bantu belajar di Unikom serta fasilitas penunjang lainnya yang bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa.

“Mahasiswa Unikom bisa memanfaatkan jejaring sosial kampus untuk mengetahui informasi-informasi akademik. Unikom pun telah mengembangkan aplikasi mobile yang bisa di download di smartphone sehingga akan lebih memudahkan mahasiswa dalam akses informasi mengenai nilai, pembayaran kuliah, jadwal ujian dan sebagainya,” tutur Taryana. Selain metoda konvensional, Unikom mempunyai fasilitas kuliah online yang menjadi sarana membangun komunikasi dengan dosen dalam melakukan pengiriman materi maupun upload tugas.

Sebelum mengkahiri pemaparannya, Taryana menginformasikan bahwa Unikom membuka tiga jalur penerimaan mahasiswa baru, diantaranya: 1) Nilai Rapot (Smart U); 2) Ujian Saringan Masuk (USM); dan 3) Bidikmisi (Dikti). “Jika adik-adik mempunyai prestasi dan nilai akademik yang bagus, bisa memanfaatkan jalur nilai rapot sehingga adik-adik masuk ke Unikom tanpa melalui ujian terlebih dahulu. Ataupun yang ingin dibiayai oleh negara, bisa memanfaatkan program bidikmisi ,” tambah Taryana.

Sementara itu, Wendi Zarman fokus menjelaskan tentang program studi teknik di Unikom khususnya Teknik Komputer (D3) dan Sistem Komputer (S1). Progam pendidikan D3 ditekankan pada lulusannya untuk memiliki kemampuan dan skill dalam mengoperasikan serta memanfaatkan teknologi guna menyelesaikan masalah dengan mengkombinasikan pendekatan hardware dan software. Adapun program S1 lebih menekankan pada kemampuan analisis dan pengembangan teknologi komputer. “…sebagai turunan dari Teknik Elektro, Prodi Teknik Komputer maupun Sistem Komputer memiliki aspek hardware yang cukup banyak dimana matematika dan fisika menjadi pondasi mata kuliah dasar yang harus dikuasai untuk studi di kedua prodi tersebut,” jelas Wendi.

Usai pengarahan, sesi tanya jawab, dan penyerahan cinderamata, kegiatan ditutup dengan tayangan sekilas tentang Unikom guna melengkapi pengetahuan para siswa/i dalam rangka bimbingan teknis literasi. Dalam kesempatan tersebut, Yusi Aysa selaku MC dari Korps Protokoler Mahasiswa (KPM) Unikom mengakhiri kunjungan dengan agenda tour campus ke Perpustakaan di Lantai 8 Smart Building Unikom yang dipandu oleh Staf Direktorat Humas dan Protokoler, KPM, serta didampingi oleh Direktur ICT dan Multimedia Unikom. (Direktorat Hms & Pro)