Tentang Berita
Hasil Ujian PMB Rekap Pendaftar
Nilai Online Autodebet

Seminar Nasional SAINTIKS 2017

 
Seminar Nasional SAINTIKS 2017
Jumat, 17/11/17 | 07:48 WIB
BANDUNG, UNIKOM- Kamis, 9 November 2017 Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Unikom menggelar Seminar Nasional Teknik, Komputer, dan Rekaya (SAINTIKS) 2017 dengan mengusung tema “Inovasi IPTEK dalam Pengembangan Infrastruktur, ICT, dan Kesejahteraan Masyarakat”, yang bertempat di Auditorium Lantai 17 Smart Building Unikom dengan dihadiri ± 204 peserta yang terdiri dari 95 pemakalah dan 109 peserta non pemakah dari kalangan akademik, non akademik, dan beberapa lembaga sponsor.
 
Acara pembukaan dihadiri oleh Rektor Unikom Assoc. Prof. Dr. Ir. H. Eddy Soeryanto Soegoto sekaligus membuka acara seminar, serta dihadiri jajaran pimpinan Unikom diantaranya Wakil Rektor I Bidang Akademik Unikom Prof. Dr. Hj. Umi Narimawati, Dra., SE., M.Si, Wakil Rektor II Bidang Administrasi dan Keuangan Unikom Prof. Dr. H. Maman Kusman, SE., MBA, Wakil Rektor IV Bidang Inovasi, Pengembangan, dan Aset Unikom Dr. Ir. Herman S, MBA, Dekan Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Unikom Prof. Dr. Ir. Denny Kurniadie, M.Sc, dan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unikom Prof. Dr. Samugyo Ibnu Redjo, Drs., MA.
 
Menurut Dr. Y. Djoko Setiyarto, MT. selaku Ketua Pelaksana SAINTIKS 2017 dan merupakan ketua program studi Teknik Sipil Unikom dalam sambutannya seminar SAINTIKS 2017 kali ini merupakan kegiatan kali ke dua Seminar Nasional Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer yang sebelumnya telah terselenggara pada tahun 2014 lalu. Pada SAINTIKS tahun 2017 ini mengangkat empat sub tema diantaranya 
1). ICT untuk kesejahteraan masyarakat,
2). Desa & pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat, 
3). Sistem manufaktur infrastuktur perkotaan dan desa
4). Inovasi iptek & industri untuk kesejahteraan masyarakat.
 
Dipilihhnya tema tersebut karena berkaitan dengan Program Studi di Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Unikom, hal ini sebagai upaya untuk menghasilkan sumbangsih berupa paparan, ide, dan hasil penelitian, dalam inovasi IPTEK yang dapat diterapkan dan diimplementasikan untuk kemajuan bangsa dan negara. Seperti dilansir dari saintiks.unikom.ac.id, bahwa acara ini dilatarbelakangi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang merupakan faktor penting dalam mendorong kemajuan perekonomian dan peningkatan kesejahteraan bangsa secara berkelanjutan. serta seluruh paper yang terpilih yang dimuat dalam proceeding SAINTIKS 2017 telah ber-ISBN. Sehingga dapat bermanfaat bagi kepentingan seluruh pemakalah.
 
Rektor Unikom pada sambutannya mengatakan “pada seminar yang kedua ini tentu semakin banyak hal yang dapat diterapkan dimana berbagai bidang iptek yang terkandung didalammnya tentu saja dapat terus dikembangkan, diteliti dan dibuat dalam sebuah karya ilmiah sehingga hal tersebut dapat membantu kita dalam pengembangan sesuai bidang studi kelilmuan masing-masing, jika sebagai dosen diharapkan dapat mendukung jabfung, dan untuk kalangan umum dapat dijadikan sebagai dasar solusi pemecahan permasalahan yang ada dalam bentuk inovasi-inovasi baru” pungkas Rektor Unikom.
 
Harapannya jika setiap tahun dosen dapat membuat satu karya yang terindeks scopus, maka hasil akselerasi karya yang dapat diperoleh Indonesia akan menghasilkan jumlah yang luar biasa. Tidak hanya melakukan proses pengajaran saja melainkan juga harus melakukan penelitian dan menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas yang memberi sumbangsih bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kemajuan bangsa indonesia.
 
SeminarNasional SAINTIKS 2017 tersebut menghadirkan sejumlah narasumber yang kompeten dalam bidang Teknik, Komputer, dan Rekaya yang dibagi menjadi dua panel yakni pada panel pertama dengan narasumber Prof. Madya MohammadRafeebin Majid dari University Teknologi Malaysia dan Ir. H Arfi Rafnialdi, S.T., M.B.Aselaku Sekretaris Tim Pertimbangan Kebijakan Publik Kota Bandung yang menjelaskan tentang “Green Infrastructure for Smart Cities: Malaysian Experience”serta “Bandung sebagai Innovation Case Study” yang dipandu oleh moderator Dr. SalmonMartanaselaku Dosen Tetap Program Studi Teknik Arsitektur Unikom dan pada kesempatan panel yang ke dua diisi oleh narasumber Prof. Dr. Eng. Pradono, SE., Mec.Dev. selaku Guru Besar Bidang Ilmu Perancangan Insfrastruktur, Eonomika, dan Manajemn ITB dan Dr. Ir. H. Dadang Mohamad, MSCE. selaku Kepala Dinas Penanaman Modal dan Peayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Jawa Barat dengan materi tentang “Pembangunan Infrastruktur , Daya Saing dan Kesejahteraan Masyarakat” dan “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pelayanan Terpadu Satu Pintu Di Provinsi Jawa Barat” yang dipandu oleh moderator TatangSuheri, M.T. selaku Ketua Program Studi Teknik Perancanaan Wilayah dan Kota Unikom.
 
Seminar Nasional tersebut juga dilengkapi dengan sesi diskusi dan tanya jawab yang berlangsung dengan hangat dan hikmat. Akhir dari paparan narasumber dilanjutkan penyerahan cindramata yang diberikan oleh Dekan Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Prof. Dr. Ir. H. Denny Kurniadie, M.Sc kepada masing-masing pembicara. Usai Seminar Nasional yang dilakukan di Auditorium lantai 17 Smart Building Unikom, kegiatan dilanjutkan dengan Seminar Parallel Session dari masing-masing bidang keilmuan para pemakalah.
 
Seminar tersebut diharapkan memberikan manfaat kepada para peserta secara khusus, dan seluruh pihak yang terlibat pada umumnya untuk bersama-sama membangun dan menciptakan inovasi berkelanjutan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Sehingga, perkembangan teknologi yang semakin pesat, dapat berperan serta bagi pengembangan infrastruktur, ICT, dan kesejahteraan masyarakat. (Direktorat Hms & Pro)